Panduan Alur Pengecekan Plagiasi Artikel Ilmiah di Lingkungan ITS Sudah diluncurkan. --- Sitasi atas artikel yang dipublikasi di POMITS meningkat. --- iThenticate sudah dapat dipergunakan kembali, silahkan hubungi LPMP2KI.

Self Assessment Report

SAR Proses Pembelajaran adalah kegiatan yang ditujukan untuk memberi ruang diskusi dan evaluasi kinerja dari proses pembelajaran pada tim mutu. dari tingkat tim Dosen (SAR 5), Rumpun Mata Kuliah (SAR 4), Jurusan (SAR 3), Fakultas (SAR 2) dan Institut (SAR 1). Pelaksanaan SAR Proses Pembelajaran terdiri dari dua:

 

  1. Menetapan Sasaran Proses Pembelajaran, dalam hal ini adalah Sasaran Nilai Rata-Rata. Dilakukan mulai dari SAR 1, SAR 2, SAR 3, SAR 4 dan SAR5. Penetapan Sasaran Nilai Rata-Rata hendaknya mengacu pada capaian nilai semester sebelumnya yang dibedakan antara Semester Ganjil dan Semester Genap. Setiap tahun diupayakan ada kenaikan Sasaran Nilai Rata-Rata sehingga ada perbaikan secara berkesinambungan pada proses pembelajaran.
  2. Melakukan Evaluasi Proses Pembelajaran, dilakukan mulai dari SAR 5, SAR 4, SAR 3, SAR 2 dan SAR 1 pada akhir semester.
    1. Evaluasi dilakukan dengan melakukan tindakan perbaikan pada masing-masing level SAR
    2. Apabila ada permasalahan yang tidak bisa dilakukan pada level SAR yang bersangkutan, maka diusulkan pada level SAR yang ada diatasnya. Semakin kebawah pada level SAR, tindakan perbaikan lebih kearah teknikal, dan Semakin keatas pada level SAR, tindakan perbaikan lebih kearah managerial.

 

Setiap dari SAR 1 sampai SAR 5 harus melakukan diskusi dalam menentukan sasaran nilai rata-rata dan evaluasi proses Pembelajaran sehingga terjadi perbaikan yang signifikan dari proses pembelajaran serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi pada masing-masing tingkatan tim mutu.

 

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan SAR Proses Pembelajaran adalah:

  1. Mendapatkan Keselarasan SAR dari Dosen (SAR 5), Rumpun Mata kuliah (SAR 4), Tim Mutu Jurusan (SAR 3), Tim Mutu Fakultas (SAR 2), dan Tim Mutu Institut (SAR 1)
  2. Mendapatkan laporan (umpan balik) bagi Dosen, Dosen, Rumpun Mata kuliah, Tim Mutu Jurusan, Tim Mutu Fakultas, dan Tim Mutu Institut untuk memahami capaian kinerja beserta permasalahannya, dan sebagai bahan masukkan untuk melakukan continuous improvement dengan tindakan korektif atau preventf.
  3. Tujuan akhir yang ingin dicapai, adalah menumbuhkan kepedulian semua pihak yang terkait, untuk melakukan pengawasan melekat/mandiri, dalam menerapkan sistem penjaminan mutu yang baik, sehingga mutu layanan jasa pendidikan meningkat secara berkesinambungan. 

SAR Proses Pembelajaran dilakukan setiap semester melaui Sistem Informasi Terintegrasi ITS

Image-sar_diagram.gif